Advertise Here     Advertise Here

SEHAT DI USIA LANJUT

Sehat bukan hanya milik usia muda,  saat usia senja pun kesehatan harus dijaga. Bukan hanya masalah panjang usia namun yang terpenting adalah panjang usia yang sehat, bebas dari penyakit. Seperti diketahui bahwa saat usia bertambah, penyakit degeneratif , seperti stroke, demensia, sakit jantung, sakit ginjal, sakit tulang dan sendi mulai mengintai. Sehingga pentinglah bagi seorang lanjut usia untuk mempertahankan kebugaran fisiknya. Saat fisik bugar penyakitpun terhindar.

Menghindari penyakit tidaklah semahal dan sesulit mengobati, sehingga lebih  penting untuk melakukan  usaha pencegahan.
Beberapa tips usaha tetap bugar di usia lanjut  yang dapat dilakukan adalah :

Terus aktifkan otak kita
Janganlah berhenti untuk belajar. Lakukanlah hal-hal baru yang membuat otak kita lebih kreatif. Bila dulu kita mempunyai hobi yang tertunda, mungkin inilah saat yang tepat kita mulai menata hobi kita kembali. Sesekali isilah teka teki silang, permainan puzzle, ataupun permainan yang dapat merangsang otak kita.

Terus aktifkan tubuh kita
Otot yang tidak digunakan akan mengecil, namun otot yang sering digunakan akan tetap bugar. Begitu juga dengan sendi yang jarang digerakan akan menjadi kaku. Berapa pun usia kita, berolah ragalah. Berjalan atau berlari di pagi hari secara rutin akan memperbaiki kapasitas paru, memperbaiki sirkulasi sehingga oksigenasi ke seluruh jaringan tubuh  menjadi baik. Olahraga juga dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar kholesterol darah, mengurangi resiko jantung koroner  30-40% dan mengurangi resiko stroke 20%.
Berilah tubuh kita makanan yang bergizi
Seperti juga dengan mobil kita, janganlah berharap mobil kita akan berjalan baik bila diberikan bensin yang tidak baik. Jadi berilah tubuh kita makanan yang bergizi. Berilah tubuh kita cukup vitamin dan mineral dan makanan gizi seimbang. Banyaklah makan buah dan sayuran segar.

Bersosialisasi lah
Bersosialisasi dengan teman-teman seumur dapat memberikan keceriaan, saling memberikan semangat  satu sama lain. Ikutlah berbagai kegiatan sosial maupun kegiatan berkelompok  apapun. Dengan bersosialisasi otak kita akan terus aktif dan kita pun akan selalu bersemangat dalam menjalani usia senja.

Mulailah hidup teratur dan cukupkan tidur kita
Saat usia bertambah, tatalah tubuh kita agar lebih teratur. Tidur dan bangun pada waktu yang sama. Cukupkanlah tidur kita. Saat tidur ,sel-sel tubuh beristirahat dan memperbaiki diri. Hindarilah minum banyak maupun minum yang manis saat sebelum tidur, agar tidak terbangun untuk buang air kecil. Matikanlah lampu utama, usahakan tidur di ruangan gelap atau redup. Otak kita akan tidur lebih baik saat cahaya redup. Persiapkan otak kita saat sebelum tidur. Ingatlah bahwa tidur adalah titik nol, lupakan masalah hari ini dan jangan kuatir hari esok. Rilekskan tubuh anda.

Tinggalkan kebiasan buruk
Bila kita mempunyai kebiasaan buruk, inilah saat yang tepat untuk mengubah perilaku. Berhentilah merokok, berhentilah alkohol, kurangi makanan manis dan berlemak.

Hindari Stres
Apapun masalah kita, apapun yang kita kerjakan, lakukanlah dengan senang hati. Lakukanlah semuanya dengan senyuman. Senyuman dan berpikir positif merupakan cara yang paling efektif  untuk menghindari stress

Check up rutin
Pemeriksaan kesehatan rutin atau check up merupakan suatu keharusan, terutama apabila usia kita makin bertambah. Skrining ini berguna untuk pencegahan penyakit atau menemukan penyakit dalam stadium dini, agar pengobatannya bisa tuntas dan sembuh sempurna.
Jadi apapun yang saat ini dilakukan nikmatilah. Selalu aktifkan otak dan tubuh kita dan selalu berpikir positif. Jelanglah masa tua yang sehat dan bahagia..

source : http://www.medikaholistik.com
 
Advertise Here Advertise Here Advertise Here Advertise Here Advertise Here Advertise Here Advertise Here